Tes Urin Peserta Camp Bagana, Langkah Ansor Dalam Menanggulangi Narkoba di Banyumas

Banyumas, Jawa Tengah (banserbanyumas.com)- Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkorcab Banser Banyumas menggelar acara Camp Riang Gembira di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Sabtu- Minggu (8-9/7/2023).

Salah satu kegiatan dalam acara ini adalah tes urin bagi para peserta Camp Bagana. Kerjasama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Banyumas, Baanar (Badan Ansor Anti Narkoba), dan Satkorcab Banser Banyumas terbentuk untuk menanggulangi peredaran narkoba di internal organisasi Ansor dan Banser.

Rahmat Kurniawan, Kepala Badan Ansor Anti Narkoba (Baanar) Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Banyumas, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara badan semi otonom di organisasi Pemuda Ansor.

“Tujuan utama adalah mewujudkan Gerakan Pemuda Ansor dan Anggota yang bersinar (bersih dari narkoba), baik untuk melindungi kader muda NU maupun masyarakat Banyumas secara umum,” terangnya.

Selain itu, kegiatan Baksos Camp Riang Gembira juga meliputi penanaman 1.000 pohon, Repling, Gerakan Bersih Sungai, dan Bantuan Cat untuk Masjid di wilayah Desa setempat. Dengan demikian, gerakan ini tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana, tetapi juga mengambil bagian dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan Narkoba.

Baca Juga  GP Ansor Bakal Gelar Konbes XXV Di Banjarbaru

Dalam tes urine yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Banyumas, dari total 51 peserta Camp Bagana Banyumas, hasilnya menunjukkan semua peserta dinyatakan negatif terhadap penggunaan narkoba.

“Alhamdulillah, hal ini merupakan gambaran komitmen tinggi dari Ansor Banyumas dalam memberantas peredaran gelap narkoba serta menjadikan kontrol di internal organisasi, ” ungkap Wawan sapaan akrab Ramat Kurniawan saat dilokasi, Minggu (9/7/2023) pagi.

Dalam pelaksanaan tes urine, terlibat tim dari BNN Kabupaten Banyumas yang terdiri dari Dokter khusus dan Tim dari Divisi Rehabilitasi BNN Kabupaten Banyumas, sebanyak 7 orang. Baanar juga turut serta dengan mengirim Deputi Rehabilitasi dan Kepala Baanar untuk mengawal dan mendampingi BNN Kabupaten Banyumas.

Rahmat Kurniawan berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Ansor Banyumas memiliki komitmen yang kuat dalam menanggulangi peredaran narkoba.

“Rencana, kegiatan serupa ini akan kami adakan dalam setiap kegiatan Gerakan Pemuda Ansor, baik dari badan semi otonom maupun dalam kaderisasi yang diadakan oleh Gerakan Pemuda Ansor di Banyumas.” Pungkasnya.

Ahmad Miftah- banserbanyumas.com

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button