Sambut Maulid Nabi dan Hari Santri, NU Beji Adakan Lomba

BANSERBANYUMAS.COM; Kedungbanteng- Menyambut Maulid Nabi dan Hari Santri Nasional (HSN) Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Ranting Beji 1 menggelar Lomba membaca Kitab Al-Barzanji dan lomba da’i perempuan.

Acara yang berlokasi di MTs Al Ikhsan Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas pada Sabtu (08/10/22) diikuti oleh 17 peserta membaca Maulid Al-Barzanji, dan 22 peserta lomba pemilihan da’i perempuan yang didelegasikan oleh setiap RT desa setempat.

Ketua panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan HSN Desa Beji Ulil Absyor menjelaskan bahwa perlombaan ini digelar guna mempererat tali silaturahmi antar masyarakat. Selain itu kegiatan lomba ini menurutnya untuk menumbuhkan rasa mahabbah kepada Nabi Muhammad dan mencari bakat-bakat penceramah tentang syiar Islam.

Lebih lanjut Ulil menjelaskan, dalam lomba Maulid pembacaan Kitab Al-barzanji masyarakat untuk berlomba-lomba menumbuhkan rasa mahabbah, dan rasa kecintannya kepada Nabi Muhammad SAW. Sementara di lomba pemilihan da’i perempuan, Ulil mengatakan ajang ini sangat tepat pasalnya banyak warga yang belum menemukan tempat untuk menyalurkan bakat untuk berceramah.

Baca Juga  Manfaatkan Limbah Kayu Jadi Produk Bernilai Ekonomi

“Kami melihat bahwa di desa ini banyak potensi perempuan menjadi da’i, dan belum dimaksimalkan, dakwah tidak hanya kaum adam saja, para kaum hawa juga bisa berdakwah namun kurang mendapat perhatian.”Katanya.

Ulil berharap, dengan diselenggarakannya lomba ini masyarakat untuk terus menjaga tradisi maulidan di lingkungan RT nya masing-masing, selain itu  adanya banyak kader da’i bagi perempuan yang mumpuni dibidang dakwah untuk mensyiarkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdliyah, serta memupuk dan menyuburkan kader NU.

Sementara informasi yang dihimpun, ketentuan pemenang lomba akan diumumkan pada acara Beji Bershalawat di perempatan Desa Beji bagian utara, Kecamatan Kedungbanteng, Sabtu (15/10/2022) mendatang. (JIP/MFT).

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button