Rayakan 1 Muharram, Warga NU Rancamaya Gelar Pawai Obor dan Istighosah Akbar

Dalam rangka tahun baru Islam 1444 hijriah, sejumlah warga merayakan dengan berbagai macam cara. Ada yang menggelar tabligh akbar, ada yang bersalawat di masjid dan ada juga yang konvoi dengan membawa obor.

Seperti yang dilakukan warga NU Desa Rancamaya, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas merayakannya dengan pawai obor dan Istighosah Akbar, Jum’at malam (29/07/2022).

“Pawai obar ini bertujuan sebagai syiar dan mengenalkan kepada generasi muda bahwasanya kita juga punya kalender selain masehi yaitu kalender Hijriah,” Ucap kyai Mustolih S.Pd.I selaku Ketua Tanfidziyah NU Desa Rancamaya.

”Ada sekitar 2000-an orang yang ikut pawai obor guna meramaikan peringatan tahun baru Islam, apalagi saat ini pandemi telah usai antusias warga dalam perayaan tahunan juga saya lihat meningkat dari tahun sebelumnya.” imbuhnya.

Baca Juga  Gus Yaqut: Indonesia Didirikan untuk Semua Umat

Pawai obor tersebut dimulai selepas sholat isya dengan titik kumpul di Pondok Pesantren An-Najah selanjutnya pawai iring-iringan berjalan menuju Masjid Hidayatul khalil yang kemudian dilanjutkan istighosah Akbar.

Acara ini juga dihadiri oleh seluruh ulama setempat, warga Nahdlatul Ulama beserta banomnya, seluruh santri maupun santriwati pondok pesantren, madin dan TPQ yang ada di desa Rancamaya. (ACMX28)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button