Menjelang Ramadhan, GP Ansor Darmakradenan Gelar Ziarah Makam Wali

BANSERBANYUMAS.COM; Ajibarang- Menjelang Ramadhan, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas menggelar ziarah. Kegiatan dilaksanakan dibeberapa makam para Wali yang ada di wilayah Banyumas dengan melibatkan anggota Ansor dan Banser, Fatayat serta Muslimat, Jum’at (25/03/2022).

Giat ziarah ini difokuskan di makam para Wali, para Ulama dan Kyai yang sudah meninggal dunia sebagai bentuk perkhidmatan kepada Nahdlatul Ulama yang ada di Wilayah Banyumas.

Acara dimulai dengan washilah do’a yang dipimpin oleh Ketua Syuriyah Nahdlatul Ulama Ranting Darmakradenan KH. Zulfa Mohamad Nur dilanjutkan dengan pembacaan Tahlil dan ditutup dengan Do’a.

Ketua GP Ansor Ranting Darmakradenan Rislam mengatakan, selain untuk menyambut bulan suci ramadhan kegiatan ini sebagai bentuk khidmah kepada para Wali, mengenang atau kilas balik sejarah para Wali dalam penyebaran agama islam di wilayah Kabupaten Banyumas. Caranya dengan mengirim doa kepada para wali yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga  Rajut Silaturahmi, Sorban VS UIN Saizu, Gelar Laga Persahabatan

“Alhamdulilah kita bisa melaksanakan kegiatan ini. Tentu jasa dan perjuangan para Wali itu luar biasa dalam penyebaran Agama Islam. Perlu kita suri tauladani semangat dan perjuangan para Wali untuk inspirasi dalam penyebaran Agama Islam bagi generasi sekarang” ujar Rislam saat dihubungi melalui media elektronik.

Rombongan ziarah tersebut terdiri dari 25 anggota Ansor, 40 orang Fatayat dan Muslimat berangkat dari Darmakradenan langsung menuju ke makam Gus Hasan Zawawi Yusuf di Windunegara, Wangon, lalu menuju makam KH. Muzni atau Mbah Muzni di Karang Cengis, Lesmana, Ajibarang, kemudian ke Makam Wali Syaikh Abdusshomad, Jombor, Kecamatan Cilongok, dan makam KH. Muhammad Nuh Al Hafiz atau Mbah Nuh di Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok.

Dari pantauan banserbanyumas.com rombongan ziarah dengan menggunakan kendaraan roda empat tiba di Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang pada pukul 16.30 wib.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button