Menebar Manfaat Dengan Berorganisasi

BANSERBANYUMAS.COM ; Kedungbanteng-  Peran organisasi bagi Mukhammad Aqil Muzakki, S.E.,M.E. menjadi ruang untuk menebar manfaat bagi orang lain. Tak heran pria yang karib disapa Agil telah banyak berkecimpung dalam organisasi, salah satunya di Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Pria yang lahir pada Februari 1989 telah lama mendedikasikan pada organisasi Ansor. Sebelumnya, ia menjabat di Departemen PAC GP Ansor Kedungbanteng (2015-2017) pada kepemimpinan sahabat Darto dan sahabat M. Amin Ulinuha (2017-2019).

Ia kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua PAC GP Ansor Kedungbanteng periode 2019-2021 dan Departemen PC MDS RA. Saat ini Agil diamanahi sebagai Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Banyumas untuk masa khidmat 2020-2024 di bawah kepemimpinan Sahabat Muhammad Luqman MM.

Selain aktif di organisasi ia juga menelurkan karya saat kepemimpinan sahabat Darto di PAC Kedungbanteng yaitu Buletin Unsur. Buletin tersebut beredar di hampir seluruh masjid di Kecamatan Kedungbanteng setiap Jum’at.

Penulis pada buletin tersebut adalah tokoh setempat, baik ustadz, kyai/Gus (putra kyai), kepala desa, pimpinan organisasi, dan penulis lepas. Buletin ini sebagai media informasi serta untuk memantik para tokoh gemar menulis.

Jenjang Kaderisasi terahir di Ansor adalah PKL tahun 2019 di Purworejo. Meskipun tinggal di Banyumas, uniknya Agil belum pernah mengikuti jenjang kaderisasi di Banyumas. Baik Diklatsar, PKD, maupun PKL. Bahkan kegiatan LI (Latihan Instruktur) pun di luar Banyumas dan sekarang ini totalitas khidmat kaderisasinya berada di Banyumas.

Baca Juga  Sejarah Gerakan Pemuda (GP) Ansor

Selain itu, sebelumnya Agil juga pernah berkhidmat di PAC GP Ansor Pengadegan Purbalingga sebagai Wakil Ketua kepemimpinan sahabat Lukman Hasyim, dan Bidang Kaderisasi PC GP Ansor Purbalingga kepemimpinan sahabat Wagino Abdul Manaf.

Sekolah Kader Ansor adalah salah satu progam Agil sebagai implementasi RTL pasca mengikuti jenjang kaderisasi (dalam hal ini PKD dan Diklatsar). Kurikulumnya adalah materi-materi PKD/ Diklatsar yang dibahas kembali untuk memperdalam dan mengembangkan pengetahuan tentang ke-Ansoran serta memperkuat silaturahim sesama anggota.

Mukhammad Aqil Muzakki, S.E.,M.E. (Kanan) disuatu kesempatan, saat menghadiri rapat Pimpinan Cabang.

Kegiatan ini dilakukan dari ranting ke ranting dan materi yang diberikan berbeda di setiap ranting. “Ansor itu penolong, dan pertolongan itu bisa memberikan manfaat. Hemat saya, sebagai bagian dari Ansor maka tebarkanlah manfaat dimanapun anda berada,” kata Agil saat ditemui usai Rakor PAC se-Banyumas di Aula Pasir Kidul Purwokerto Barat, Ahad (6/2/2022).

Saat ini, penataan organisasi di bidang administrasi menjadi garapan utama yang Agil kerjakan sebagai Sekretaris Cabang. Menurutnya, penataan yang sudah ada sebelumnya harus ditingkatkan lagi sehingga hasilnya lebih maksimal.

“Tugas sekretaris bukan hanya sebatas bikin surat, tapi penyelenggaraan organisasi, menyusun rumusan atau rancangan keputusan organisasi. Ini tugas berat, oleh karenanya harus senantiasa dilaksanakan dengan riang gembira, sebagaimana tagline Ansor Banyumas,” kata Agil. (ACM1028)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button