Materi Jurnalistik di Makesta Raya PAC IPNU IPPNU Baturraden

Baturraden (banserbanyumas.com),- Sebanyak 60 peserta mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Raya PAC IPNU IPPNU Baturraden yang dilaksanakan di SD N 1 Kemutug Lor, Baturraden, Sabtu, (23/12/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kader IPNU IPPNU yang berwawasan, berdedikasi, dan berkarakter.

Salah satu materi yang disampaikan dalam Makesta Raya ini adalah tentang jurnalistik. Materi ini diberikan oleh Sahabat Mufid, seorang yang berpengalaman di bidang media massa. Mufid menjelaskan tentang pengertian, karakteristik, teknik, dan kode etik jurnalistik.

Sahabat Mufid memberikan materi Jurnalistik di Makesta Raya Baturraden, Sabtu, (23/12/2023). (Foto: Eka)

Menurut Mufid, jurnalistik adalah kegiatan, proses, atau ilmu mengumpulkan, menulis, dan menyebarluaskan informasi, berupa berita atau opini, kepada publik melalui media massa. Jurnalistik memiliki sikap skeptis, bertindak, berubah, dan seni. Jurnalistik juga harus mengikuti kode etik yang meliputi kebenaran, kemerdekaan, keadilan, dan tanggung jawab.

Peserta Makesta Raya sangat antusias mengikuti materi jurnalistik ini. Mereka berharap dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk membuat karya jurnalistik yang berkualitas, seperti berita, artikel, atau feature. Mereka juga ingin menjadi agen perubahan yang menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga  Info Diklatsar Kedungbanteng Tahun 2017

Ketua PAC IPNU IPPNU Baturraden, Rekan M Makhdum Walid, mengapresiasi materi jurnalistik yang diberikan oleh Sahabat Mufid. Ia berharap materi ini dapat meningkatkan kemampuan dan kreativitas kader IPNU IPPNU dalam bermedia massa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Makesta Raya ini.

Sahabat Mufid menerima piagam penghargaan pengisi materi Jurnalistik dalam Makesta Raya Baturraden, Sabtu, (23/12/2023). (Foto : Eka)

Makesta Raya PAC IPNU IPPNU Baturraden merupakan kegiatan kaderisasi pertama bagi anggota baru IPNU IPPNU di wilayah Baturraden. Kegiatan ini mengusung tema “Revitalisasi Kader IPNU IPPNU yang Aktif, Kreatif, dan Inovatif” “. Selain materi jurnalistik, Makesta Raya ini juga menyajikan materi-materi lain, seperti sejarah NU, Islam Aswaja, organisasi IPNU IPPNU, dan keterampilan dasar berorganisasi. (Eka/ACM1028)

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button