Literasi Media untuk Kader IPNU IPPNU Banyumas yang Temenan dan Militan

Baturraden (banserbanyumas.com)- Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Latihan Kader Utama (LAKUT) di Balai Diklat Baturraden, Banyumas, Jum’at- Senin (22-25/12/2023). Kegiatan ini bertema “Dadi Kader Sing Temenan Tur Militan” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kader IPNU- IPPNU Banyumas.

Salah satu materi yang disampaikan dalam kegiatan yaitu literasi media, yang disampaikan oleh sahabat Mufid, praktisi dan penggiat literasi media. Literasi media menurutnya adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media.

“Literasi media sangat penting bagi kader IPNU IPPNU untuk dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi secara positif di dunia media,” kata Mufid kepada para peserta, Ahad (24/12/2023).

Sahabat Mufid juga menjelaskan berbagai jenis literasi media, yaitu literasi media massa, literasi media film, literasi media radio, dan literasi video game. Ia juga memberikan contoh-contoh literasi media dalam bidang pendidikan, seperti mencari sumber belajar, membuat presentasi, berbagi informasi, dan berdiskusi.

Selain itu, ia juga mengingatkan “Kader IPNU IPPNU untuk selalu waspada terhadap bahaya dan tantangan literasi media, seperti hoaks, cyberbullying, radikalisme, dan pornografi,” paparnya.

Sementara Ketua PC IPNU Banyumas, Rekan M. Dzaky Mushafa, menyampaikan Begitu penting literasi media dalam kehidupan di era ini, kehidupan pribadi akan sangat tertinggal tanpa faham akan media, apalagi didalam organisasi.

Baca Juga  Ramaikan Bursa KUMK 2023, Habib Syech Bumikan Sholawat di GOR Satria Banyumas

“Sebagai kader penerus, tentunya wajib bagi kita memiliki skill, pengetahuan luas, dan bersosial dengan baik. Dengan menguasai literasi media akan sangat memudahkan kader ipnu ippnu untuk memiliki tiga hal tersebut Tentunya untuk pribadi dan organisasi yg lebih baik dan berkualitas kedepannya,” ungkap dia.

Ketua PC IPPNU Banyumas, Rekanita Inas Khoer Annisa, menyampaikan juga pentingnya literasi media bagi kader IPNU IPPNU untuk dapat bersikap kritis, kreatif, dan inspiratif dalam menghadapi perkembangan zaman.

“Literasi media bukan hanya tentang bagaimana kita menggunakan media, tetapi juga bagaimana kita memahami, mengevaluasi, dan menciptakan informasi melalui media. Kita harus bisa menjadi kader yang temenan dan militan, yaitu kader yang bersahabat dengan sesama, tetapi juga berani berjuang untuk nilai-nilai yang kita anut,” tuturnya.

Kegiatan LAKUT PC IPNU IPPNU Banyumas diikuti oleh 23 peserta, yang terdiri dari 13 peserta IPNU dan 10 peserta IPPNU. Peserta berasal dari beberapa PAC Banyumas, PC Purbalingga, dan juga dari PW Sulawesi, dengan menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Selain literasi media, materi lain yang disampaikan adalah kaderisasi, organisasi, dan aswaja an-nahdliyah.

  • Penulis: Eka Puji Santoso
Sahabat Mufid, seorang pengisi materi literasi media, menerima piagam penghargaan dari panitia acara LAKUT. Kontribusinya dalam penyampaian materi menjadi sorotan utama dalam acara tersebut. (Foto: Eka Puji Santoso).
Peserta LAKUT dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Banyumas aktif berdiskusi mengenai literasi media di Balai Diklat Baturraden, Banyumas, Ahad (24/12/2023). (Foto: Eka Puji Santoso).

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button