GP Ansor Banyumas Selenggarakan PKL dan Susbalan Untuk 300 Orang Calon Pemimpin

BANSERBANYUMAS.COM; Banyumas- Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banyumas akan menggelar kegiatan pengkaderan bertajuk Pendidikan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) dan Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di Pondok Pesantren Assunniyyah Kebonkapol, Sokaraja Lor, Banyumas.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Jumat- Minggu (21-23/12/2018). Tujuannya untuk mempersiapkan generasi muda handal dan militan di masa mendatang.

Menurut Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten Banyumas Mohamad Zaenudin Masdar mengatakan, peserta PKL dan Susbalan pada 2018 ini akan diikuti oleh kader Pimpinan GP Ansor Cabang atau Pengurus di wilayah kabupaten/kota yaitu Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen.

Pria yang akrab disapa Kang Jaed itu menambahkan, calon peserta yang akan mengikuti PKL sebanyak 60 orang, sedangkan calon peserta Susbalan 140 orang yang akan diikuti dari Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) di wilayah Kabupaten Banyumas.

Sementara calon peserta yang ada dikepengurusan cabang sedikitnya 10 calon peserta PKL dan 15 calon peserta Susbalan akan diikuti dari masing- masing pengurus yang ada di tingkat cabang yaitu dari Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen.

Baca Juga  Peringati Harlah NU, Ansor Cilongok Gelar Sepak Bola

“Dengan jumlah asumsi 300 calon peserta PKL dan Susbalan ini nantinya untuk memperkuat kelembagaan dengan mempersiapkan kader pemimpin di struktural internal GP Ansor maupun di semua lini kehidupan masyarakat,” kata Kang Jaed.

Selain itu, sambung Kang Jaed, untuk mengetahui kemampuan ilmu agama dalam pengkaderan, sebelum dilaksanakan pelatihan, para calon peserta nantinya akan diuji melalui baca Al-quran dan Kitab Kuning.

“Pengkaderan ini sebagai generasi muda di Jamiyah Nahdlatul Ulama tentunya tidak lepas dari peran para ulama, kiai, dan santri. Kita akan melakukan screening melalui baca Al- quran dan kitab kuning, selain menguji kemampuan ilmu agama hal ini juga sebagai counter agar para sahabat tidak bermain-main di tubuh GP Ansor dan Banser,” tegasnya.

Pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah melalui Koordinator Wilayah Banyumas- Cilacap H. Faisal Riza menambahkan, arti penting pengkaderan sebagai bagian tak terpisahkan bagi organisasi.

“Pengkaderan ditingkat menengah ini salah satu tujuannya untuk mempersiapkan generasi muda andal dan militan di masa mendatang,” kata Faisal saat dihubungi, Kamis (13/12/2018). (Mufid/Mift).

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button