Gebyar Satu Syuro di Karangklesem, Meriahkan Tradisi Budaya dan Nilai Spiritual Islam

Purwokerto, (banserbanyumas.com)- Masyarakat RW 05 Karangklesem, Purwokerto Selatan, merayakan momen bersejarah 1 Syuro atau 1 Muharam 1445 H dengan penuh semangat dan kebersamaan.

Acara yang dihadiri oleh lebih dari 500 warga ini diselenggarakan dihalaman rumah Bapak Gunawan Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas, pada Sabtu (22/7/2023), diawali dengan berbagai rangkaian kegiatan yang menarik.

Momentum istimewa ini dibuka pukul 20.00 WIB oleh Camat Purwokerto Selatan atau perwakilan yang hadir. Rangkaian acara dimulai dengan pawai obor, yang meriah dengan peserta dari berbagai kalangan masyarakat. Gunungan dan lomba adzan serta Iqamah juga menjadi bagian menarik dalam perayaan ini. Selain itu, santunan untuk anak yatim piatu turut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada sesama.

Salah satu poin penting dalam kegiatan ini adalah melantunkan sholawat sebagai bentuk mahabbah kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Seiring dengan semangat keagamaan, masyarakat mengumandangkan pujian untuk Nabi Muhammad Saw dengan khidmat.

Ketua Panitia melalui Sekretaris Nur Hafidz, mengungkapkan bahwa Gebyar 1 Syuro menjadi program tahunan RW 05 Karangklesem yang sudah berlangsung selama lima tahun berturut-turut. Untuk tahun ini, mereka mengusung konsep yang berbeda, mengangkat nilai-nilai budaya lokal dan menghubungkannya dengan nilai-nilai spiritual Islam.

Baca Juga  Empat Banom PAC Kedungbanteng Dilantik

“Momen ini kami simpan dan kami mengangkat nilai-nilai budaya lokal dengan menumbuhkan nilai spiritual melalui tradisi budaya,” ungkap Nur Hafidz.

Tak hanya menjadi momen bersejarah, acara Gebyar 1 Syuro juga menjadi wahana bagi warga RW 05 Karangklesem untuk semakin meningkatkan rasa percaya dalam mendalami Islam yang kaffah.

Diharapkan, semangat kebersamaan dan gotong royong dalam cara spiritual ini akan semakin menguatkan hubungan yang harmonis antarwarga, serta mendorong kehidupan masyarakat yang berlandaskan pada nilai-nilai keagamaan.

Nur Khafidz juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada semua jajaran pengurus RT, RW, kelurahan, kecamatan, serta pihak keamanan Banser dan kepolisian kecamatan Purwokerto Selatan atas dukungan dan partisipasinya dalam suksesnya acara ini.

“Semoga semangat kebersamaan dan nilai-nilai keagamaan yang terpancar dari Gebyar 1 Syuro ini dapat terus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat RW 05 Karangklesem, dan semoga acara serupa akan terus berlanjut untuk masa-masa yang akan datang.” Pungkas Nur Hafidz.

  • Penulis: Fajar Purnomo
  • Editor: Ahmad Miftah

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button