Diklatsar Akbar, Balantas Kabupaten Banyumas Lakukan Pengawalan dan Pengamanan Lalu Lintas

Purwokerto (banserbanyumas.com),- Banser lalu lintas (Balantas) merupakan salah satu satuan khusus banser yang menangani lalu lintas dalam kegiatan eksternal dan internal NU. keberadaannya sangat membantu tugas-tugas Kepolisian khususnya bidang lalu lintas dimana sering kali banyak kegiatan masyarakat yang menggunakan akses jalan maupun transportasi yang tidak teratasi mengingat keterbatasan jumlah personil Polri. Sehingga adanya Balantas dapat membantu pengaturan hingga sosialiasi tertib berlalu lintas.

Dalam diklatsar akbar kemarin, yang telah terselenggara mulai Jum’at-Ahad, 17-19 November 2023 di GOR Satria Purwokerto, balantas mempunyai tugas khusus. Balantas dipercaya dan ditugaskan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan lalu lintas pada beberapa materi antara lain sesi stelling, caraka malam dan longmarch sejauh 20 KM.

Personil Balantas Kabupaten Banyumas bertugas di Posko Balantas saat diklatsar akbar, Sabtu (18/11/2023)

Saat dihubungi media ACM Banyumas, Akhmad Sholih selaku Kepala Satuan Khusus Balantas mengatakan bahwa kami menerjunkan 250 personil anggota balantas dari jumat sampai ahad yang terbagi tugasnya. Personil zona 1-3 melaksanakan tugas hari jumat dengan 3 shif dimana shif pertama pukul 08:00-15:00 WIB.  Shif kedua dari pukul 15:00-23:00 WIB dan shif ketiga mulai pukul 23:00-08:00 WIB. Personil zona 4-6 melaksanakan tugas sebagaimana jadwal dihari jum’at. Sedangkan hari ahad personil dari zona 1 -6 terlibat semua.”

Baca Juga  Peduli Bencana, Lazisnu Cilongok Berikan Bantuan Sembako

“Persnonil balantas melakukan pengawalan dan pengamanan dalam stelling dimalam sabtu, caraka malam pada waktu malam ahad dan longmarch sejauh 20 KM dihari ahad. Penempatan personil dilakukan pada beberapa titik saat caraka malam. Personil yang bertugas terbagi dalam 4 jalur yang masing-masing 1 jalur akan dilalui 250 peserta diklatsar akbar. Dan sesi longmarch sejauh 20 KM personil balantas terbagi dalam 25 titik start dari Gor Satria memutar kota Purwokerto dan kembali lagi ke Gor Satria Purwokerto.”

Diklatsar akbar ini terasa istimewa bagi Balantas Kabupaten Banyumas. Baru kali ini merasakan atmosfer berbeda dari pengawalan dan pengamanan sebelumnya. Disamping peserta yang luar biasa kamipun juga mengimbangi dengan menerjunkan personil terbanyak dalam sejarah diklatsar.

“Dan kami merasa terharu sekaligus bangga kepada Ketua PC GP Ansor dan Kasatkorcab Banser Kabupaten Banyumas yang luar biasa dedikasi gagasan dan penuh tanggungjawab serta mempercayakan kami bertugas dalam pengawalan dan pengamanan dilapangan dengan peserta yang luar biasa. Semoga Banser Banyumas semakin solid satu komando.” Tambah Kasatsus Balantas asal desa Kalisalak kecamatan Kedungbanteng ini. (ARM/ACM1028)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button