Bagana Kabupaten Banyumas Siapkan Dapur Khusus Diklatsar Akbar

Purwokerto (banserbanyumas.com),- Fungsi utama Bagana sebagai perangkat organisasi Gerakan Pemuda Ansor dan Banser sebagai wadah untuk melakukan aksi-aksi sosial-kemanusiaan Penanggulangan Bencana (PB).

Adapun tugasnya ialah, merencanakan, mempersiapkan dan mengamalkan cita-cita pejuangan Gerakan Pemuda Ansor serta menyelamatkan dan mengembangkan hasil-hasil perjuangan yang telah di capai.

Lalu melaksanakan program sosial kemanusiaan dalam kerangka penanggulangan bencana sejak masa kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat, rehabilitasi, rekonstruksi hingga pemulihan akibat bencana.  Selanjutnya menciptakan sumber daya manusia yang peduli terhadap bencana dan melestarikan sumber daya alam.

Dalam diklatsar akbar satuan koordinasi cabang banser Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan di GOR Satria Purwokerto mulai Jum’at-Ahad, 17-19 November 2023 ini, Bagana mendapat tugas untuk turun tangan dalam menyiapkan dapur khusus. Tugas utamanya mempersiapkan konsumsi 10.000 porsi makan dalam pelaksanaan diklatsar akbar ini.

Personil Bagana Kabupaten Banyumas saat menyiapkan logistik untuk peserta diklatsar akbar, Sabtu (18/11/2023)

Saat dihubungi media ACM Banyumas, Kepala Satuan Khusus Banser Siaga Bencana Kabupaten Banyumas, Arif Aji menyampaikan bahwa personil untuk dapur khusus diklatsar akbar ini, Kami menurunkan satu peleton personil yang terbagi menjadi 5 tim, yang pertama tim belanja 3 personil, untuk tim nasi 7 personil, tim lauk 7 personil, tim packing 10 personil dan tim perwedangan (bagian air) 3 personil. Tim pendukung terdiri dari dua tim, tim pertama tim sanitasi lingkungan yang bertugas di tempat MCK dan tempat wudhu, tim kedua tim drooping air bersih yang menjamin tersedianya air bersih selama berjalannya kegiatan.

Baca Juga  Satkorcab Banser Turunkan 5 Ribu Personel Siaga di 25 Posko Mudik

“Hal besar atau kecil di dalam kegiatan itu sama-sama penting. Apapun peranmu apapun tugasmu selesaikan dengan baik dan benar. Nampak ataupun tidak, itu tidak begitu penting, kepuasan lahir batin ketika kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Suksesnya dapur khusus ini, tidak lepas dari arahan dan bimbingan Kasatkorcab Banser Banyumas, Ndan Andry Widyanto yang selalu menempa dan membentuk kami dalam managemen kegiatan ataupun menjadikan karakter personil yang selalu siap dan sigap untuk menjalankan tugas dari pimpinan.” Ujarnya.

Diklatsar akbar ini memang luar biasa. Disamping jumlah peserta yang banyak, tim atau personil yang terlibat juga luar biasa semuanya. Sukses selalu untuk PC GP Ansor dan Satkorcab Kabupaten Banyumas dan semua yang terlibat dalam acara ini.

“Dan kami merasa bangga dan menjadi kehormatan mendapatkan tugas untuk menjamin logistik asupan makanan bagi peserta dan panitia dalam kegiatan diklatsar akbar ini. Suksesnya dapur khusus ini tidak lepas juga dari faktor pendukung peralatan yang dalam hal ini kita di dukung oleh BPBD Kab. Banyumas, Dinsospermades, PMI Kabupaten Banyumas dan UPTD Damkar Banyumas yang siap standby 24 jam air bersih untuk kami. Walaupun dengan mandiri pun kita lakukan dalam pemenuhan air bersih dalam kegiatan tersebut.” Tambah Ndan Arif Aji ini. (ARM/ACM 10128)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button