Bagana Dukung Penanganan Longsor Tepi Sungai Pelus

Satuan Khusus Banser Tanggap Bencana (Satsus Bagana) Satkorcab Banyumas. (Foto: Arif Aji untuk banserbanyumas.com)

BANSERBANYUMAS.COM; Kembaran- Banser Tanggap Bencana (Bagana) bersama dengan elemen masyarakat yang meliputi Pemuda Pancasila, Linmas inti Kecamatan Kembaran, Linmas Desa Ledug, dan warga desa melaksanakan giat penanganan longsor Sungai Pelus, Minggu (6/1).

Penangan di bagi beberapa kelompok untuk mempermudah pengerjaan, khusus untuk Bagana bertugas melakukan penebangan pohon bambu. Selanjutnya diberikan ke kelompok pembuat trucuk penahan tepian arus sungai. Satu kelompok lagi melakukan pengantongan pasir untuk memperkuat trucuk bambu.

Kepala Desa Ledug, Yuni Permadi mengatakan, tebing bantaran Sungai Pelus longsor pada 24 Desember 2018 akibat dihantam banjir. Bencana tanah longsor ini telah mengancam permukiman penduduk wilayah RT 02/03 Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Bencana tanah longsor tepi sungai ini juga menyebabkan beberapa bangunan rumah rusak. Kerugian materiil ditaksir sekitar Rp 100.000.000. Upaya yang dilakukan pemerintah desa bersama masyarakat serta Bagana & Linmas melakukan penanganan tebing yang longsor dengan cara mengeruk sungai dan membuat penahan tebing menggunakan pohon Bambu.

Baca Juga  Mahasiswa STMIK Komputama Majenang Gelar Sarasehan Kewirausahaan

“Penanganan bencana ini diharapkan dapat mengurangi terjadinya longsor susulan,” katanya.

Ia juga mengapresiasi terhadap Banser atas kesigapan dalam penangan longsor di Sungai Pelus. “Kami berterima kasih atas sumbangasih tenaga dan waktunya, semoga Banser selalu bisa bersama warga dalam berbagai kegiatan,” katanya.

Satuan Khusus Bagana Banyumas bersama masyarakat setempat dalam penangangan bencana longsor di Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, Minggu (6/1). (Foto: Arif Aji)

Sementara itu, dalam penanganan bencana longsor, dari Banser Sat Koryon Kembaran dipimpin langsung oleh Kasatkoryon Kembaran dengan mengarahkan pasukan Banser Korkel Ledug, Korkel Dukuhwaluh, serta Satsus Bagana Koryon Kembaran dan dibantu beberapa personel dari Satsus Bagana Satkorcab Banyumas.

Kasatkoryon Banser Kembaran, Melki Wibowo mengatakan, Bagana sebagai bagian dari Banser dalam penangan bencana selalu bersinergi dengan masyarakat dengan harapan eksistensi Bagana menjadi salah satu sumbangsih Banser untuk negeri. (Arif Aji/Asep/Mift-acm1028).

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button