Home » BERITA » 7 Nasehat Syeikh Fathi Abdurrahman saat di Ponpes At-Taujieh

7 Nasehat Syeikh Fathi Abdurrahman saat di Ponpes At-Taujieh

Syeikh Fathi Abdurrahman Al-Hijazi

 

 

 

 

 

 

 

BANSERBANYUMAS.COM; Randegan- Nasihat-nasihat Syeikh Fathi Abdurrahman Al-Hijazi di PP. At-Taujieh Al-Islamiy Leler Randegan, Banyumas (16/05/2017)

Sebagian poin penting nasihat Syeikh Fathi Abdurrahman Al-Hijazi Al-Masry yang bisa saya ingat (tanpa saya tulis karena tidak membawa alat tulis saat pengajian):

1. Ilmu-ilmu alat (nahwu, sha raf, ushul fiqh, dll) adalah kunci untuk membuka (makna-makna) Al-Qur’an dan Sunnah.

2. Rasulullah meninggalkan dua warisan Al-Qur’an dan Sunnah, namun Al-Qur’an menjelaskan bahwa pewaris para Nabi maka artinya Al-Qur’an dan Sunnah itu ada pada ulama, maka sepatutnya kita mengambil keduanya dari ulama.

3. Janji Allah kepada para walinya itu nyata. Maka barangsiapa yang memusuhi wali-wali Allah maka Allah sendiri yang menghadapi musuh-musuh para wali Allah itu.

4. Jika seorang murid ingin mendapatkan sebenar-benarnya ilmu maka murid itu harus berpegang teguh kepada Allah, maka Allah sendiri yang akan menurunkan ilmu itu melalui banyak jalan (tidak tertutup kemungkinan melalui jalan laduni)

5. Salah satu cara agar seorang murid mudah mendapatkan ilmu dari gurunya maka dia harus memperbaiki hubungannya dengan Allah, karena dengan menjaga hubungan baik dengan Allah maka Allah akan menjaga hubungan baik dengan orang-orang disekitarnya. Maka dengan ini jalan ilmu akan terbuka lebar.

6. Kiat menjadi guru sukses adalah dengan selalu menjaga ketakwaan, menjauhi maksiat, dan ikhlas mengajarkan ilmu karena Allah bukan karena upah/gaji. Karena sebagaimana kalam para ahli hikmah, ucapan yang bersumber dari hati nurani (ikhlas) maka akan masuk ke dalam hati pendengarnya. Namun jika seorang guru mengajar hanya karena mencari upah maka apa yang dia ajarkan hanya sampai ke telinga muridnya saja.

7. Ilmu adalah cahaya. Cahaya ilmu itu adalah Nur (cahaya) Allah. Maka cahaya itu tidak akan masuk ke dalam jiwa orang-orang yang bermaksiat.

Terakhir Syeikh Fathi memberikan ijazah matan Burdah Syeikh Al-Bushiri kepada para hadirin.

Hanya ini yang terekam di memori saya yang lemah ini. Semoga bermanfaat.

Ihsan Mabrur
===========

📷 @BanserBanyumas

#kiyaiku #pesantren #nahdlatululama #alanu #ayomondok #ulama #Ansor #ansorBanyumas #Banser #BanserBanyumas

About admin

Check Also

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa

BANSERBANYUMAS.COM; Ajibarang – Kegiatan sarasehan kewirausahaan yang digelar mahasiswa STMIK Majenang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa ...

Diskusi sarasehan kewirausahaan Mahasiswa STMIK Komputama Majenang di Warung Dapoer Sambal Ajibarang, Sabtu (15/01) - Foto : Miftah Ahmad

Mahasiswa STMIK Komputama Majenang Gelar Sarasehan Kewirausahaan

BANSERBANYUMAS.COM; Ajibarang – Mahasiswa STMIK Majenang menggelar Sarasehan Kewirausahaan di Warung Dapur Sambel Ajibarang Banyumas ...

Tim Reaksi Cepat Bagana Banyumas Serahkan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru

Penyerahan bantuan diberikan langsung kepada koordinator Posko Erupsi Semeru M.Sa’i Al Fadholi, didampingi Ketua Pimpinan ...

GP Ansor Banyumas dan Bagana Distribusikan Bantuan Korban Gunung Semeru

Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkorcab Banyumas saat mengikuti Apel di halaman Masjid Al-Istiqomah Kauman lama, ...

Interaksi Sosial Melalui Kegiatan Nariyahan dan Kajian Kitab Kuning

Rutinan Ansor Ranting Darmakradenan Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Melalui Kegiatan Nariyahan dan Kajian Kitab Kuning di halaman rumah salah satu anggota, Selasa (04/01/2022). (Foto: Trio Waluyo untuk banserbanyumas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *